Selasa, 19 November 2013

Sistem manajemen antrian merupakan aplikasi antrian yang diintegrasikan dengan media pendukung seperti PC, button keypad, display loket, printer thermal, TV LCD/LED/Plasma sehingga dapat mengatur dan mengelola  problematika antrian guna menunjang pelayanan yang memuaskan. Mesin Antrian berfungsi sebagai alat bantu untuk mengatur  antrian model FIFO sebagai contoh; antrian bank, antrian apotek, antrian poliklinik, antrian kasir, dsb. Contoh program antrian bank dapat diilustrasikan sebagai berikut 

  1. Customer datang mengambil tiket antrian pada kiosk layar sentuh, dengan menyentuh menu pada kiosk touchscreen, misal : CS atau Teller, maka tiket antrian akan tercetak melalui printer thermal.
  2. Customer menunggu di ruang tunggu yang telah disediakan, sambil menunggu customer bisa menikmati fasilitas yang disediakan seperti, tempat charger HP, dispenser, majalah, koran, TV Multimedia yang integrasi dengan panel antrian. Customer nyaman dalam menunggu dan mengurangi rasa bosan menunggu.
  3. Jika operator di Teller/CS selesai pelayanannya bisa segera memanggil nomor antrian berikutnya dengan tombol pemanggil atau software caller.
  4. Nomor antrian akan dipanggil otomatis melalui speaker aktif, dan ditampilkan di display loket dan TV LCD.
  5. Customer menuju counter layanan yang dipanggil tadi  (CS/Teller).
  6. Setelah selesai CS/Teller melayani, petugas dapat meminta partisipasi customer untuk memberikan penilaian terhadap kepuasan pelayanan tadi dengan 
  7. Customer pulang dengan perasaan puas dan senang. 
Model antrian ada beberapa type, mana yang cocok dengan kebutuhan antrian Anda dapat disesuaikan dengan kebutuhan. metode antrian rata-rata menggunakan FIFO untuk antrian sederhana, jadi customer yang pertama datang, maka dia yang pertama dilayani.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar